#sayurankita

3,868 posts tagged with #sayurankita

Photos and Videos about #sayurankita

(@sayurankita)

3 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Gambas a.ka Oyong alias pitulo atau Luffa actangula mulai menjalar kemana-mana. 😁😁 . Gambas pitulo ini sudah memasuki usia 16 hari setelah tanam. Tanahnya, Ponik tutup dengan rumput kering sebagai pengganti mulsa. . Penggunaan mulsa tanam ini berfungsi untuk menahan tumbuhnyabrumput dan menajaga kelembaban tanah, jadi gak cepat kering. Dengan mulsa, bisa menghemat dua pekerjaan, mencabut rumput, dan menyiram. Hehe.. . Mulsa bisa dari apa aja yang ada, gak harus pake mulsa plastik perak. Tapi, resikonya jika menggunakan mulsa dari dedaunan kering adalah rawan jamur. πŸ˜…πŸ˜…. Makanya, perlu tau kondisi mulsanya, jangan sampai terlalu lembab. Penyiramannya di kontrol. Mulsa dari dedaunan yang lembab, akan memberikan keuntungan bagi jamur-jamur penyakit yang akan mengganggu tanaman. 😁 . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #gambas #pitulo #oyong #luffaactangula #mulsa #rumputkering

(@sayurankita)

3 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Ada yang tau ini bibit apa? . Baru disebar bebas sama sia anak magang hari kamis lalu, trus udah numbuh aja unyil-unyil berserakan. . Tadinya Ponik kira ini rerumputan liar. Tapi ya kok rumput liar ini berasa familiar. Trus bisa serentak dan hampir seragam begitu tumbuhnya. . Trus, baru ingat ternyata si anak magang nyebar bunga keringnya disini. . Nah, ada yang tau si unyil ini akan jadi tanaman apa? . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #bungakancing #bungakenop #gompherenaglobosa

(@sayurankita)

4 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Pernah menanam bayam, trus daunnya keriting-keriting seperti ini? Gak mau tumbuh dengan baik? . Toss dong! Sama! . Udah dua kali musim tanam, bayamnya seperti ini. Hiks! . Bayam, termasuk tanaman yang tahan terhadap hama loh. Tapi, belakangan ini, bayam di kebun Ponik jadi rentan begini. πŸ˜”πŸ˜” . Salah satu penyebabnya adalah nanam bayam di tempat yang sama berturut-turut tanpa jeda. Jadi hamanya keenakan banyak makanan. 😩😩 . Trus lingkungannya banya rumput-rumput liar yang tadinya belum sempat dicabut. πŸ˜… . . Trus cara mengatasinya gimana dong? . Bayamnya dipanen muda, bersihkan media tanamnya dan tempat nanam bayamnya. Berikan jeda paling cepat seminggu lagi baru bisa nanam bayam lagi. Biar hama-hamany mati gak ada makanan. Tapi, si kutu ini punya banyak inang. πŸ˜…πŸ˜… . Gak ada bayam bisa kacang-kacangan, cabai dan seperangkat keluarganya, seledri, dan herba lainnya. Jadi, mau gak mau, emang harus kontrol, biar hamanya bisa diminimalisir dengan cara potek tiap pagi, kalau gak mau pake pestisida. Atau, secara rutin semprot pestisida nabati. . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #bayam #amaranthus #hama #pest

(@sayurankita)

4 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Apakah seledri yang Ponik tanam bebas hama? Oh, tentu tidaaakk! . Seledri punya drama tersendiri dengan para hama. Hama-hama inilah salah satu penyebab mereka menguning, layu dan mati. Makanya, jangan heran, meskipun tanahnya sudah lembab, matahari cukup, pupuk okeh, tapi seledri masih aja menguning, layu trus mati. Yak! Mereka ini biang keroknya. πŸ˜… . Di slide satu, ada si kutu putih, suka nyempil dibagian bawah atau pangkal batang, dan di sela-sela akar. Kalau gak telaten, maka seledri akan pelan-pelan berubah warna sampai terkulai lemas tak berdaya. Cara mendeteksi hama ini adalah semut! Nah, coba deh cek, kalau seledrinya dikerumuni semut, bisa jadi ada si kutu ini nyempil, sedang berpesta meminum sari-sari makanan seledri sampe habis. . Trus cara mengatasinya? Pites satu-satu. πŸ˜…. Kalau udah banyak, bongkar seledrinya, ganti media tanam, bersihkan seledrinya dengan cara dicuci bersih. Kalau mau instan juga bisa, pake pestisida aja. Hehe.. . Di slide 2 beda lagi ceritanya. Itu kutu daun warna kuning unyil-unyil yang juga menyisakan butiran-butiran hitam menyebalkan. Kalau si hama ini penyebab daun seledri yang udah keriting makin keriting, kisut dan gak segar. Si kutu suka sembunyi dibawah daun atau batang. Jadi perlu cek ricek kalau seledrinya kaku kayak kanebo, keriting, dan kusam. . Penanganannya? Sama! Pites satu-satu, cuci bersih, trus metannya diganti, atau pestisida. 😁 . Sering ke skip gak nih bagian hama seledri? Tau-tau, seledrinya udah hidup dengan tenang di alam lain. πŸ˜…πŸ˜‚ . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #seledri #apiumgraveolens #hama #pest

(@tanidaeng)

10 Hours Ago

Keluarga jauh dtg liburan, dibawa ke kebun saja.. panen wortel sekalian liburan pasti seru & berkesan..πŸ₯•πŸ˜€ #panensayur #belajarberkebun #sayuransehat #banggabertani #sayurankita #petanindeso #petaniindonesialuarbiasa #pertanianindonesia

(@delva.rahman)

18 Hours Ago

Hari ini kami panen kompos yang dibikin sejak juni 2018 lalu. Awalnya kompos ini ada belatungnya. Aku ga yakin komposnya jadi. Tapi kata si Anak Magangnya @sayurankita ini akan berhasil. Maka kami diamkan dulu sampai belatungnya hilang. . Sekarang tinggal dijemur sebelum dipakai. Karena Solok lagi sering hujan, maka komposnya kami masukan karung saja sebelum nanti dipakai... . #gubuakkopi #solokmilikwarga #tamangubuakkopi #sayurankita #literasimedia #wargaberkebun

(@pasirputih_pemenang)

1 Day 3 Hours Ago

[INFO OKE] Pagi ini, kami di WA dari salah satu pegawai kementerian sosial, bertanya sub kegiatan yang dikerjakan oleh Pasirputih pasca gempa Lombok. Kami disuguhkan beberapa istilah yang sama sekali tidak kami kenal. Maklum laaah... Kami jawab saja bahwa kami mengerjakan apa saja asal bisa membantu... Salah satunya ini! Hari ini, seseorang yang mungkin temannya teman kami, mengirimkan bibit sayur. Hal ini tentu dipicu kegiatan kawan kami Imran dan Gozali -yang khawatir kekurangan sayuran di Camp Pengungsian- yang sempat kami kabarkan lewat media sosial... Memang kedua orang tersebut, memiliki gairah menanam yang oke, setelah kawan kami @ipehthepooh dari @sayurankita bertandang selama 6 bulan di Pemenang. Kami bersama kemudian merancang kegiatan @aksaratani .... Pasca gempa, Imran dan Gozali khawatir melihat warga yang kebanyakan makan Mie Instan dan sedikit sayuran. Mulailah mereka membuat pot-pot kecil dari bekas air kemasan. Cuma, mereka sempat kekurangan bibit. Nah, hari ini Tuhan mengirim bibit buat mereka melalui Annisa Rahmi (QA Plant) --- terimakasih kami sampaikan... #aksaratani #sayurankita #pasirputihpemenang #bibit #marimenanam

(@sayurankita)

1 Day 7 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Sawo Manila (Manilkara zapota) yang pada umumnya ditanam di Indonesia merupkaan buah yang berasal dari Amerika Tropis, yang tumbuh subur di dataran rendah, berbunga dan berbuah sepanjang tahun (wikipedia.org) . Buah sawo termasuk buah klimaterik, dimana hormon etilen (hormon yang berfungsi untuk pematangan buah) dan respirasi akan meningkat setelah buah dipanen, sehingga buah sawo yang matang saat dipanen tidak dapat disimpan lama. Maka, untuk pendistribusian buah sawo dari kebun ke konsumen, biasanya buah sawo akan dipanen sebelum matang, dan dan disiman selama 3-7 hari sebelum di konsumsi (eol.org) . Penelitian Prihatin et al (2013) menyimpulkan bahwa ekstrak buah sawo manila dapat membunuh bakteri E.coli penyebab diare, dan penelitian Afifah (2015) menyatakan bahwa ekstrak buah sawo mengandung zat lemak, gula, garam fosfat, vitamin B1, vitamin C, Flavanoid, dan tanin yang dapat menjadi antioksidan dan menurunkan gula darah. . Referensi: 1. Wikipedia.org 2. Eol.org 3. Prihatin H, Laili FY, Eka A. 2013. Uji daya antibakteri ekstrak sawo manila terhadap E. Coli dan implementasinya dalam pembelajaran peranan bakteri. JIPP Vol 2(9) 4. Afifah E. 2015. Pemberian ekstrak air buah sawo (Manilkara zapota) menurunkan kadar glukosa darah tikus (Rattus norvegicus) diabetes mellitus. Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia Vol 3(3):180-186 . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #sawo #sawomanila #manilkarazapota #panensawo #harvesting #fruit

(@sayurankita)

1 Day 13 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Panen seledri! Dari 5 pot bekas, terkumpul 100-an gram seledri. Lumayan! Tiap pagi, ada tukang bakso yang minta. Huehehe! . Seledri, meskipun dipanen setiap hari, gak habis-habis. πŸ˜‹πŸ˜ . Seledri di rumah Ponik, umurnya udah setahun loh! Dengan memahami seledri, ternyata dia bisa bertahan lebih lama, dan terus menghasilkan. Selain buat dikonsumsi sendiri, sekarang tukang bakso mulai ketagihan sama seledri ponik yang selalu fresh dari kebun. Daya tahan simpannya juga lebih lama, dan tentu aja wangi! πŸ˜‹ . Kamu gimana? Udah nyoba nanam seledri belum? Ya, buat nasi goreng jadilah. Haha. . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #seledri #panenseledri #apiumgraveolens

(@sayurankita)

1 Day 13 Hours Ago

[Hari Tani Nasional] . Kemarin, tepatnya tanggal 24 September diperingati sebagai hari tani nasional yang ditetapkan melalui Keppres no.169 tahun 1963. Penetapan hari Tani Nasional didasarkan pada kelahiran Undang-Undnag no.5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria. . Kelahiran UUPA sebagai hari tani sebagai bentuk semangat perlawanan terhadap kapitalisme dan kolonialisme yang menggunakan alat negara dan kekuasaan kepada petani. . Namun sejak lahirnya sampai saat ini, kasus penindasan petani atas nama pembangunan masih terus berlangsung. Jumlah kasus konflik Agraria setiap tahun terus bertambah, hingga 2017 mencapai 659 kasus (data KPA) . Alih fungsi lahan terus terjadi, petani tanpa regenerasi, nilai tukar petani (daya tukar produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi atau untuk biaya produksi) sampai pada bulan Maret 2018 turun 0.39% (bps.go.id) . Pasal 33 ayat 3 UUD 1945 menjadi tak utuh, hanya terbatas pada "Bumi dan Kekayaan Alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara", bukan lagi untuk "digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat" . Lalu, apa makna Peringatan Hari Tani Nasional yang setiap tahun terus diselenggarakan, jika keberpihakan selalu pada kekuasaan dan pemilik modal? . Selamat memaknai hari tani nasional! . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #haritaninasional #haritani #reformaagraria #agraria #konflikagraria #uupa

(@sayurankita)

4 Days 1 Hour Ago

[Pekanbaca Sayurankita] . Edisi telat upload. πŸ˜…πŸ˜† . Gak masalah lah ya telat upload, yang penting #pekanbacasayurankita jalan teruuuss.. . Nah, di minggu ke-4 bulan September ini, kita akan membaca buku "Generasi Phi Ο€" karya Dr. Muhammad Faisal, Founder Youth Laboratory Indonesia . Ehm, ada yang tau siapa itu generasi phi? Kamu termasuk generasi phi bukan? Trus sama gak dengan generasi milenial? . Sudah..sudah, daripada penasaran, dan kamu yang ngakunya anak milenial, mari gabung! Kita baca dan ulik tuntas siapa dan bagaimana generasi phi bisa mengubah Indonesia! . Besok ya! Jam 11 siang di sekretariat #sayurankita. . Kamu anak milennial? Udah baca berapa halaman? πŸ˜…πŸ˜† . #sayurankita #pekanbacasayurankita #pekanbaca #pekanbacaseptember #generasiphi #bacabuku #ayobaca

(@sayurankita)

4 Days 10 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Yok! Main tebak-tebakan buat seru-seruan! πŸ˜‹πŸ˜‹ . Ada yang tau ini daun apa? 😁😁😁 . Daun ini punya kandungan buat kucing nge-fly loh! Dan jadi super aktif loncat sana loncat sini. 😎😁 . Yoh! Yang bener dapat tepuk tangan dari Ponik. πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #tebakdaun #daunkucing

(@sayurankita)

4 Days 10 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Jejeran sawi pakcoy di talang. . Mereka ini umurnya sudah memasuki 15 hari sejak disemai dan belum diberi tambahan pupuk lagi πŸ˜…πŸ˜‚. Hanya diawal tanam, media tanamnya dicampur dengan kohe kambing dan kompos buatan sendiri. Tapi, alhamdulillah tumbuhnya masih okeh dan keceh! πŸ˜‹ . Tapi, biar lebih montok, tetap perlu tambahan nutrisi ya genk! Nutrisinya bisa dari kompos, MOL, POC atau pupuk sintetis sesuai persediaan yang ada. . Kalau diberi air cucian beras aja bisa gak? Bisa dong...! Karena pada dasarnya, air cucian beras termasuk Cikal bakal POC kok. Hehe.. . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #sawi #pakcoy #babypakcoy

(@sayurankita)

4 Days 10 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Tomat Rewako kembali berbuah! Horeeee...!! 😍😍 . Ponik lebih suka nanam tomat rewako, karena tanamannya lebih tahan terhadap berbagai hama dan penyakit, seperti kutu putih dan layu. . Buahnya juga lebih okeh buat sambel. πŸ˜‹ . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #tomat #tomatrewako #bearingfruit

(@sayurankita)

5 Days 9 Hours Ago

[Kunjung Kebun] . Pagi menjelang siang Ponik kedatangan salah satu Sahabat Ponik yang baik hati dan kece badai.. mba Mikha @mikhayla_zara_new. Udah lama banget rasanya nggak ketemu Mba Mikha karena sudah berbeda kota dan waktu senggangnya suka nggak samaan.. jadi kadang Mba Mikha kosong, Poniknya yang ga di rumah atau sibuk, atau kalau Ponik kosong, Mba Mikha yang lagi mondar-mandir ke sana kemari sibuk πŸ™ˆπŸ˜ . Hari ini Mba Mikha tiba-tiba muncul depan pintu. Kangen katanya. Seabstrak itu alasan untuk ketemu Ponik #eaak hahaha . Enaknya punya sahabat berkebun, selalu dibawain buah tangan: TANAMAN! (Atau bibit atau benih!) . Ponik dibawain Vietnam Mint (yang entah udah ke berapa kali dapet bibitnya dari Mba Mikha dan berakhir tragis. Lalu sekarang dikasih yang udah gede. Haha.. kata Mba Mikha, "jagain yaa.. jadi kalo yang di rumah Mba mati, bisa potek di tempat Ponik.." iyaa.. jadi begitu.. Ponik dan para sahabat emang suka saling menjaga tanaman biar di kebun masing-masing tetap punya tanaman yang itu. Hahaa πŸ˜‚πŸ˜…). . Selain Vietnam Mint, Ponik dapet Cincau Hijau jugaa! Akhirnya... steknya berhasil. Hahaha.. waiting list sejak beberapa bulan lalu nih. Penantian Ponik ternyata nggak sia-siaa πŸ˜‚ . Terima kasih ya Mba Mikhaa πŸ’šπŸŒ± Cita-cita Ponik mau main ke kebun Mba belum kesampaian nih.. semoga nanti ada kesempatan yaa.. Aamiin.. hohohoo.. . #sayurankita #sahabatponik #sahabatberkebun #ayoberkebun #mariberkebun #letsgardening #gardeningisfun #urbanfarming #garden #farmville #vietnammint #cincauhijau #bibittanaman #bibitsayur #tanamantoga

(@sayurankita)

5 Days 23 Hours Ago

[Katalog Tanaman] . Kersen (Muntingia calabura) . Di sebagiam daerah Indonesia, Kersen lebih dikenal dengan sebutan ceri, karena buahnya yang bulat berwarna merah dan manis. . Buah kersen memiliki pohon yangbdapat mencapai 12 m, berbunga dan berbuah sepanjang tahun. . Cabang-cabang akan membentuk naungan yang rindang, sehingga menjadi salah satu alasan mengapa pohon ini ditanami sebagai pohon peneduh. . Selain buahnya yang dapat dikonsumsi langsung, penelitian Laswati ada tahun 2017 juga menyatakan bahwa daun kersen juga dapat diolah menjadi keripik dan teh, sedangkan buahnya dapat dijadikan selai. . Pemanfaatan daun kersen menjadi alternatif bahan pangan ini berkaitan dengan kandungan daun kersen yang diteliti oleh Zakaria et al (2011). Menurutnya, daun kersen mengandung flavonoid, tannin, saponin, poliefenol yang bersifat antioksidatif dan berkhasiat sebagai antiseptik, antidiabetes dan antiinflamasi. . Referensi: 1. eol.org 2. Laswati DT., Sundari NRI., Angraini O. 2017. Pemanfaatan kersen (Muntingia calabura L) sebagai alternatif produk olahan pangan:sifat kimia dan sensoris. Jurnal JITIPARI vol 4(2): 127-134 3. Zakaria ZA., Mohamed AM., Jamjl NSM. 2011. Invitro antiprofilerative and antioxidative activities of thr extracts of Muntingia calabura leaves. The America Journal of Chinese Medicine 39(1):183-200 . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #katalogtanaman #katalogsayurankita #muntingiacalabura #kersen #singaporecery

(@sayurankita)

7 Days 3 Hours Ago

[Menu Sayurankita] . Dulu, Ponik pernah posting tentang olahan biji okra menjadi minuman. . Nah, hari ini Ponik mulai bereksperimen dengan biji okra. Karena buahnya mulai mengering di pohon. Hehe.. . Caranya? Buahbkering panen, terus ambil bijinya, ongseng (Ponik pake daun pandan, jadi kriteria udah matengnya sampai daun pandannya mengering), trus blender, trus seduh deh. Rasanya? Rasa biji okra yang di ongseng. Haha! Yang jelas bukan rasa yang dulu pernah ada, πŸ˜…πŸ˜†. . Enak sih. Cuma rasa pahitnya gak kuat seperti kopi. Penasaran? Cobain deh! Bisa jadi alternatif nih ngolah okra. Tenang, kopinya bebas lendir kok. πŸ˜β˜• . Tau gak, ternyata biji okra ini menjadi salah satu biji alternatif yang digunakan sebagai pengganti kopi di zaman perang dunia 2 (sumber: trubus online, wikipedia) . Sejak okra populer di Indonesia, maka olahan biji okra mulai dikembangkan. Salah satu yang telah mengembangkannya adalah ibu pkk di daerah pati (boleh searching di gugel ya, info tentang prestasi ibu pkk pati dalam mengolah biji okra sudah banyak diliput media kok). Tapi, secara ilmiah, Ponik belum nemu penelitian khusus tentang kandungan pada minuman hasil olahan biji okra ini. . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #menusayurankita #okra #olahanokra #kopiokra #ladysfingercoffee

(@tanidaeng)

7 Days 10 Hours Ago

Serunya berkebun sayur di pekarangan rumah..selain utk pemenuhan konsumsi bisa jg sbg penghilang stress..πŸ…πŸŒΏ #kebunsayur #sayurorganik #belajarberkebun #sayurankita #petanirumah #petanindeso #banggabertani #malino #gowa

(@sayurankita)

8 Days 2 Hours Ago

[Katalog Tanaman] . Belustru (Loofah/Luffa aegyptiaca) . Belustru adalah salah satu jenis gambas yang buahnya dapat di konsumsi ketika masih muda. . Belustru, juga dikenal dengan nama sponge ground karena buahnya memiliki banyak serat ketika sudah tua, dan umumnya digunakan sebagai pengganti sponge ynag dapat digunakan untuk cuci piring atau scrubbing. . Seperti tanaman Cucurbitaceaee lainnya, belustru tumbuh memanjat, terdiri dari bunga jantan dan bunga betina dan jika pemeliharaannya bagus, dapat terus berbuah. . Koleksi foto: @yumberkebun . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #gambas #loofah #luffaaegyptiaca #spongeground

(@sayurankita)

8 Days 4 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Memantau pertumbuhan tanaman pitulo a.k.a Oyong a.k.a gambas (Luffa acutangula) di kebun Ponik. 😁😁🌱🌱🌱 . Umurnya sudah masuk 10 hari. Hip..hip horee! . Si oyong ini ternyata punya kembaran, blustru namanya (Luffa aegyptiaca). Dikenal juga gambas. Tapi mereka beda. . Si oyong yang Ponik tanam ini buahnya ada segi-nya gitu dna agak keras. Kalau belustru buahnya gak bersegi, warnnaya juga cenderung hijau terang. . Penasaran? Tunggu buahnya ya. Hehe.. . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #oyong #pitulo #luffaacutangula

(@sayurankita)

8 Days 7 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Pagi ini, Ponik gak sendirian di kebun, tapi ditemani krucil @alghifary.o.fauzan, keponkan Ponik yang super duper aktif. . Ponik sedang nyiram, mau ikutan. Lagi panen, mau ikutan juga. Main tanah? Masih gak mau, πŸ˜†πŸ˜…πŸ˜‚. Doi gak suka kotor. Haha! . Nah, pagi ini setelah bantuin Ponik nyiram tanaman, si krucil ini ikut panen terong buat makan siang dan bunga telang buat puding biru. . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #panen #harvesting #terong #panenterong #panentelang #panenkangkung

(@sayurankita)

8 Days 7 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Jumat lalu, tepatnya tanggal 14 September, Ponik nanam bunga matahari mini. Dari 10 biji, baru nongol sebiji. Kutilang pulak karena salah posisi taro pot, trus gak diperhatiin tumbuh kembangnya. Untung tadi pagi keliatan. Haha.. πŸ˜… . Semoga biji-biji yang lainnya segera tumbuh. 😊🌱πŸ’ͺ . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #sunflower #bungamatahari #helianthus

(@sayurankita)

8 Days 7 Hours Ago

[Aktivitas Kebun] . Misteri tanaman Ponik akhirnya terpecahkan! πŸ˜…πŸ˜… . Satu bulan yang lalu, Ponik main asal semai biji-biji tanpa nama yang ada di kotak koleksi bijinya Ponik. Biji itu Ponik dapat dari salah satu sahabat Ponik, tapi lupa juga darimana. Saking banyaknya yang kirim-kirim biji. Haha! . Nah, setelah sebulan hampir mendekato dua bulan berlalu, tanaman ini akhirnya menemukan identitasnya. Yak! Jeng..jeng.. Dia adalah bengkuang (Pachyrizus erosus)! 😁🌱 . Daunnya dan bunganya mirip daun kacang-kacangan, trifoleat dan bunganya seeprti kupu-kupu. Ternyata karena si bengkuang ini masuk dalam golongan fabaceae. . Dari 3 biji yang ditanam, cuma tumbuh satu. Semoga bengkuang kuat dengan terpaan hidup, dan bisa menghasilkam biji-biji lainnya buat di tanam kembali. Hehe! . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #bengkuang

(@sayurankita)

11 Days 1 Hour Ago

[Katalog Tanaman] . Daun Ketumbar/Cilantro (Coriandum sativum) . Juga sering di kenal dengan coriander. Meskipun Cilantro dan coriander adalah satu tanamana, yaitu ketumbar (Coriandum sativum), tetapi dalam ilmu masakan mereka berbeda. . Cilantro lebih merujuk pada daun ketumbar, dimana tanaman ketumbar masih berada dalam fase vegetatif dan yang dimnafaatkan adalah daunnya, sedangkan coriander merujuk pada tanaman yang telah berbunga dan menghasilkan biji (whatscookingamerica.net) . Daun ketumbar (Cilantro) dan biji ketumbar (coriander) merupakan rempah-rempah yang umum digunakan dalam masakan Asia, Eropa dan Amerika. Daun dan biji dapat digunakan segar atau dikeringkan. . Daun ketumbar mirip daun seledri, namun daunnya lebih bulat dengan tepian bergerigi dan memiliki aroma yang keras. . Biji ketumbar mirip biji lada, berwarna coklat, dan memiliki kulit yang agak keras. . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #coriander #cilantro #daunketumbar #katalogsayurankita #katalogtanamman

(@sayurankita)

11 Days 8 Hours Ago

[Katalog Tanaman] . Daun Mangkokan (Polyscias scutellaria) . Daun mangkokan sering ditanam sebagai tanaman pagar. Nama "mangkokan" mengacu pada bentuk daunnya yang berbentuk mangkok. . Tanaman yang berada dalam keluarga Araliaceae ini dapat tumbuh mencapai 3 meter. Batangnya berkayu, bentuknya bulat, bercabang atau lurus. Daunnya tunggal, tebal, pangkalnya berbentuk jantung, tepi bergerigi, tulang menyirip, dan berwarna hijau tua. Buahnya seperti buah buni, bentuk payung warna hijau. Bijinya kecil berwarna coklat dan keras (Dalimartha, 1999) . Daun dan akar mangkokan sering digunakan sebagai bobat tradisional untuk diuretik (peluruh kencing), anti radang, anti inflamasi, melancarkan pengeluaran asi, menyuburkan rambut, dan mrngurangi bau badan (Hariana, 2008) . Di Sumater Barat, daun mangkokan lebih di kenal dengan nama daun tapak leman dan boasa dikonsumsi menjadi sayuran dalam gulai telur. . Referensi: 1. Dalimartha S. 1999. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Jakarta:Trubus Agriwidya 2. Hariana HA. 2008. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya Seri 2. Jakarta:Penebar Swadaya . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #katalogtanaman #katalogsayurankita #daunmangkokan #dauntapakleman

(@obattanaman)

11 Days 21 Hours Ago

[Ekspo Flora dan Fauna] ● Pernah mendengar pohon atau sayuran kelor? Penasaran dengan bentuknya seperti apa? . Nah, ini dia pohon kelor. Daunnya memiliki banyak manfaat [tunggu ulasannya di postingan selanjutnya]. . ● #sayurankita #sayuran #sayuranhija #daunkelor #kelor #pohonkelor #tanamanobat #kapsulkelor #flora #fauna #tanamanobat #sayursegar #berkebundirumah #petaniindonesia #kebunku #jualbibit #sayuransehat #pakcoy #buahtin #petanikota #pupuk #sayuransegar #wareg #sayursehat #makananrumah #jualsalad #buahbuahan #bergizi #hidupsehatalami #sayur

(@sayurankita)

11 Days 23 Hours Ago

Regrann from @jogja_darurat_agraria - (Zoom in for detail text) ---------- Oleh: @kolektifa Kenapa sih Bank Dunia mendanai program Reforma Agraria - dan diadakannya Global Land Forum yang akan dilaksanakan di Bandung pada akhir September ini?. | Apakah benar program Reforma Agraria hari ini sudah benar Reforma Agraria sejati? Atau hanya taktik bom asap - yang dimaksudkan untuk menebar ke 'Salehan' layar kaca dibalik ke 'Dzaliman' dibaliknya?. / Selengkapnya --- Read Now! // Pantau kanal kami @kolektifa - Untuk memantau Update mengenai info terlengkap GLF dan kongsinya.* ------------- Hutang Indonesia pada Bank Dunia / Sejak 1973 hingga Juli 2018, pinjaman (hutang) dari Bank Dunia ke Pemerintah Indonesia yang disetujui jumlahnya sekitar 54,1 miliar dolar AS. | Sekitar 43,4 miliar dolar AS sudah cair dan tentu harus dikembalikan dengan bunganya. Sebagian sudah dibayar atau dikembalikan Pemerintah Indonesia. Jumlah hutang yang tersisa dan harus dikembalikan (hingga Juli 2018) adalah 43,04 miliar dolar AS. | Hutang itu disalurkan lewat International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) dan International Development Association (IDA). Dua-duanya adalah anggota Grup Bank Dunia. Bedanya, IBRD memberi pinjaman dengan bunga (loans), sedangkan IDA memberi pinjaman tanpa bunga dan kadang dalam bentuk hibah (grants). | Dihitung dengan bunga rata-rata 4,4%, tiap tahun Indonesia harus mengalokasikan sekitar 1,6 miliar dolar AS untuk bayar cicilan pokok pinjaman, dan sekitar 1,1 miliar dolar AS untuk bunganya. | Bank Dunia menyebut Indonesia sebagai β€œGood Boy Country”, alias negara pengutang terbaik! Maka wajar jika kantor perwakilan Bank Dunia di Indonesia adalah yang terbesar kedua setelah kantor pusat Bank Dunia di Washington DC.** /// #roadtoglf2018 #kiricentildaninsignifikan #reformaagraria - #hadangfasisme #indonesiadaruratagraria #kolektifa / #__insureksi.* - #regrann #sayurankita #agraria

(@sayurankita)

11 Days 23 Hours Ago

[Kelas Online Sayurankita] . Yee! #kelasonlinesayurankita hadir lagi, hari Senin 17 September 2018 jam 8 malam waktu Indonesia bagian barat. 😁😁 . Siapa yang mau bergabung? Yok mari merapat! . Caranya? Silakan kirim nama dan asal daerah via whatsapp ke nomor yang tertulis di poster. . Nah, untuk materi kali ini spesial! Kita akan mengupas tuntas tentang pupuk "kascing" bersama @marwahpermaculture yang dalam kesehariannya berkecimpung dengan kascing. . Udah tau kan kascing itu apa? Itu loh, pengomposan yang dibantu oleh cacing. . Penasaran? Atau mau tau lebih dalam tentang kascing? Tunggu apalagi! . Segera daftar ya jangan tunggu sampai batas waktu. Percayalah, kursi dalam #kelasonline Selalu penuh. πŸ˜…πŸ˜. Jadi, pastikan kamu dapat kursi ya. . Sampai jumpa dalam kelas! . #sayurankita #sayuran #vegetables #pertanian #agriculture #farms #kebun #garden #urban #urbanagriculture #urbanfarming #urbangardening #womenwhofarm #thehappygardeninglife #happyfarming #petani #petaniindonesia #belajarmenanam #belajarbertani #ceritaanakmagang #ayoberkebun #ayobertani #aktivitas #kelasonline #kelasonlinesayurankita #materikascing #materi06 #pupukkascing

(@ipehthepooh)

11 Days 24 Hours Ago

Regrann from @sayurankita - [Pekanbaca Sayurankita] . Sudah masuk minggu ketiga bulan September nih genk. #pekanbacasayurankita hadir kembali dengan buku yang kece badai, ditulis oleh Ernest Hemingway pemenang hadiah nobel sastra yang berjudul "Lelaki Tua dan Laut" . Buku ini bercerita perjalanan seorang nelayan tua untuk menangkap ikan di laut lepas. Buku ini mengajak kita untuk melihat kehidupan nelayan lebih dekat, belajar dari perjuangan seorang nelayan tua yang pantang menyerah, kesabaran dan kegigihan dalam menghadapi laut lepas yang penuh cobaan. . Buku ini juga udah di filmkan loh! . Penasaran? . Kuy lah, kita baca rame-rame secara bergilir di sekretariat #sayurankita, hari minggu, 16 September 2018 jam 11 siang. . Gak bisa datang? Gabungbke live instagramnya ya! 😁 . Sampai jumpa di #pekanbaca . #sayurankita #sayurankitamembaca #pekanbacaseptember #pekanbaca11 #theoldmanandthesea #ernesthemingway #bacabuku #pekanbacasayurankita - #regrann