Kemuslimahan MT-FUNA FAPET UB
(@kemuslimahanmtfuna_ub)

420 posts

846 followers

1,902 followings

Official Account Kemuslimahan MT-Funa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya FB: Kemuslimahan MT-Funa UB Line : @qhm2324k

Photos and Videos posted by kemuslimahanmtfuna_ub

Assalamu'alaikum wr. wb... Hai Funa's Fam πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ” Kami keluarga besar Mt-Funa Fapet UB mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1439 H. Taqabalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.πŸ™πŸ™ Semoga Allah menerima dan menyempurnakan Amalan dan Puasa kita semua, serta menjadikan kita bagian dari orang orang yang kembali Fitrah dan meraih ketaqwaan. Β Amiin Ya Robbal 'alamiin😊😊 🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹 We Are Member Of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc : @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamualaikum Wr. Wb Hai Funa's FamπŸ’žπŸ˜Š πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Gimana kabarnya Hari Raya Idul Fitri kali ini? Mimin kali akan berbagi hal seputar idul fitri looh😊 Ketika seorang Muslim bertemu dengan sesama Muslim pada momen Idulfitri, para sahabat Nabi mencontohkan untuk mengucapkan selamat hari raya dengan ucapan sekaligus doa: ΨͺΩŽΩ‚ΩŽΨ¨ΩŽΩ‘Ω„ΩŽ Ψ§Ω„Ω„ΩŽΩ‘Ω‡Ω Ω…ΩΩ†ΩŽΩ‘Ψ§ وَ مِنْكُمْ (Taqabbalallahu minna wa minkum) Yang artinya semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian. β€œPara sahabat RasulullahΒ shallallahu β€˜alaihi wasallamΒ apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya:Β taqabbalallahu minna wa minka,” tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari. Dalam riwayat sahabat danΒ salafush shalihΒ yang sampai kepada kita, jawabanΒ taqabbalallahu minna wa minkumΒ adalah doa yang sama:Β taqabbalallahu minna wa minkum. Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu β€˜anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, β€œTaqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, β€œTaqabbalallahu minna wa minkum.” (HR Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir) Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, β€œSaya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, β€˜Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a) Demikianlah jawaban sahabat danΒ salafus shalih, ketika mendapatkan ucapanΒ taqabbalallahu minna wa minkum.Β Jawaban ini seperti perintah Allah dalam Al-Qur’an : β€œJika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal” (QS An Nisa’ : 86).Wallahu a’lam bish shawab. Semoga kita dapat meniru apa yang dilakukan Rasulullah dan sahabatnya ketika Idul Fitri nanti ya sobat funa's😘 Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Taqabbalallahu Minna wa Minkum πŸ™πŸ˜Š Semoga bermanfaat ya sobat funa 😊 🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿 WE are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc : @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat

Assalamu'alaikum wr. wb. Hai Funa's Fam πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹ Sobat Funa,, mari kita sucikan hati ini, dan luruskan niat yuk, bahwa apa yang kita dapat dan rasakan hari ini seperti : Rezeki, Ramadhan Dan hari Raya ini adalah satu langkah untuk semakin mendekat kepada Allah.πŸ˜‡ Luruskan Niat bahwa rezeki ini tidak untuk membeli barang-barang yang kurang bermanfaat, barang-barang yang kita beli ini bukan untuk ajang pamer dan dipuji. Karena sungguh.. yang kita miliki hari ini tidaklah berati apa-apa dimata Allah😒 Tak terasa sebentar Lagi Ramadhan bulan yang penuh kebaikan akan pergi ya Sobat,😱 Bulan yang penuh hikmah ini akan berakhir. Jadi jangan kita sia-siakan keutamannya, cuma karena barang yang akan kita beli. 😞 Hari raya pun tak lama lagi, luruskan niat, agar puasa dan amalan ibadah kita diterima sehingga diri ini disucikan kembali dari segala dosa.πŸ™‚ Bismillah yuk sekali lagi kita bersihkan hati dengan memperbaiki niat suci, karena niat penentu semua amalan kita ya Funa's FamπŸ˜‰ Yuk pantengin terus postingan kita, Semoga bermanfaat😊😘 πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ We are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasiswiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamu'alaikum wr. wb. Hai Funa's Fam 🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰 Wah... UAS tinggal beberapa hari lagi nih, masih tetap semangatkan. Ngomong"soal UAS gimna nih lncar tidak?? Dan yang penting ngerjainnya nyontek atau nggak???? emb... Nyindir halus nihπŸ˜πŸ˜πŸ˜™ Ingat ya funa's, bermain curang hukumnya haram, baik padaΒ  materi yang susah dan yang lainnya. Sungguh Nabi shallallahu β€˜alaihi wa sallam bersabda: Β«Ω…ΩŽΩ†Ω’ ΨΊΩŽΨ΄ΩŽΩ‘ ΩΩŽΩ„ΩŽΩŠΩ’Ψ³ΩŽ Ω…ΩΩ†ΩŽΩ‘Ψ§Β» β€œBarangsiapa yang curang, maka dia bukan termasuk golongan kami.” [Shahih: Sunan at-Tirmidzi (no. 1315). Dinilai hasan shahih oleh at-Tirmidzi dan dinilai shahih oleh al-Albani] Β Persiapkanlah sebelum ujian agar mudah dalam menjawabnya, yakinlah pada hasil fikiranmu sendiri tanpa nyontek, hasil pasti sesuai dengan usaha ... allah tidak melihat dari hasilnya tetapi prosesnya .. jdi tetapkan niatkan karena allah ya Dan lebih baik kita melakukan sesuatu itu dengan usaha kita sendiri dengan di sertai ikhtiar, jujur, dan terakhir serahkan semua kepada Allah SWT, sesungguh Allah SWT lebih mengetahui sendangkan kita tidak. Biar tau informasi dan pengetahuan Islam lainnya yuk Pantengin postingan kita, Semoga bermanfaat ya sobat funa 😊😊😊 πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚ We are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasiswiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamu'alaikum wr. wb. Hai Funa's Fam πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹ Rasulullah shallallahu β€˜alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya. (HR. Muslim) Kali ini kita akan membahas tentang amalan-amalan di sepuluh hari terakhir Ramadhan ya Sobat,😊 Terutama buat mmenyambut β€œMalam Seribu Bulan” atau Malam Lailatul Qadar nih,,,,,😍 1. Melakukan Itikaf Berdiam diri di dalam masjid di sepuluh hari terakhir sangat dianjurkan loh Sobat,, khususnya para ikhwan ya. untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.πŸ˜‡ Eittsss,,,,, Tapi ingat ya Sobat, bagi muslimah tidak diwajibkan untuk beritikaf jika dirasa mengundang fitnah dan tidak mendapat izin dari suami atau wali. Tetap yang diutamakan adalah beribadah di rumah bagi muslimah. 2. Memperbanyak Doa Dari β€˜Aisyah radhiyallahu β€˜anha, ia berkata, Rasulullah saw. pernah bersabda: β€œBerdo’alah: Allahumma innaka β€˜afuwwun tuhibbul β€˜afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah) Namun bukan berarti memohon ampunan seperti ini hanya terbatas pada bulan Ramadhan saja ya Sobat. Al Baihaqi rahimahullah berkata, β€œMeminta maaf atas kesalahan dianjurkan setiap waktu dan tidak khusus di malam Lailatul Qadr saja.” 3. Menghidupkan Malam Lailatul Qadr Lebih sedikit tidur dan lebih banyak beribadah. Yang sebelumnya tidur tengah malam diganti jadi tidur setelah menunaikan ibadah tarawih dan witir. Setelah itu bangun lagi di sepertiga malam untuk tahajjud maupun beritikaf di masjid. β€œSiapa yang menghadiri shalat Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh”. (HR. Muslim dan Tirmidzi) Insya Allah, segala ibadah yang diniatkan lilaahi ta'ala akan membuahkan pahala besar yang menjadi bekal kita untuk di akhirat kelak. Yuk mari sama-sama saling mengingatkan dalam kebaikan. Semoga Allah memberikan ketetapan hati kepada kita untuk bisa menikmati danmemaknai malam-malam terakhir Ramadhan yang hanya lewat sebentar saja Lanjutan πŸ‘‡

Assalamu'alaikum wr. wb. Hai funa's fam πŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒ Alhamdulilah, sobat funa sudah dipertengah bulan Ramadhan nih. masyaAllah.. Masih tetap semangat kan dalam ibadah puasa, terawih dll, jangan kasih kendor ya. 😱😱😱 Sayang banget waktu Ramadhan yang dilipat gandakan pahala jika disia-siakan. Apalagi di bulan Ramadhan terdapat Lailatul Qadar. Apa sih Lailatul Qadar? Satu malam di bulan Ramadhan yang lebih utama karena Allah memuliakan melebihi malam-malam lainnya. Allah berfirman: β€œMalam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar [97] : 3-5) Kapan Lailatul Qadar terjadi? Lailatul Qadar itu terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi shallallahu β€˜alaihi wa sallam, β€œCarilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari) yuk fastabiqul khoirot tuk meraih lailatul qadar πŸƒ... Ikuti terus postingan kita ya, semoga bermanfaat. πŸ˜‰ πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚ Member of @bkldknadional @bkldkmlg Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamualaikum Wr. Wb Hai Funa's Fam πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Giamana nih kabarnya? Waaah masih semangat kan ya UAS nya?πŸ˜‰ . Sobat funa, seringkali kita bepergian kesana kemari ya? Rihlah kesana, Rihlah kesini. Tapi yakinkah setiap kali kita hendak melangkah bepergian sudah selalu berpasrah dan berdoa kepadaNya? Nah, hayoloooh. Gimana gimana? Yuk coba kita ingat" lagi. Seberapa sering kita berdoa ketika hendak bepergian? Membaca doa keluar rumah: «بِسْمِ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ΩΨŒ ΨͺΩŽΩˆΩŽΩƒΩŽΩ‘Ω„Ω’Ψͺُ ΨΉΩŽΩ„ΩŽΩ‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ΩΨŒ ΩˆΩŽΩ„ΩŽΨ§ Ψ­ΩŽΩˆΩ’Ω„ΩŽ ΩˆΩŽΩ„Ψ§ΩŽ Ω‚ΩΩˆΩŽΩ‘Ψ©ΩŽ Ψ₯ΩΩ„Ψ§ΩŽΩ‘ بِاللهِ» β€œBismillah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah.” [Shahih: Sunan at-Tirmidzi (no. 3426). Dinilai shahih oleh al-Albani] Sobat funa, membaca doa ketika hendak bepergian mungkin adalah sesuatu yang kecil loh. Tapi acapkali kita lupa atau bahkan enggan mengucapkan kalimat singkat yang insyaallah jelas mampu melindungi kita 😒 Sobat funa, tahukah kalian ketika kita melangkah dan menyempatkan diri untuk berdoa dan berserah diri saat akan bepergian dapat memudahkan serta melindungi langkah kaki kita loh. Jadi yuk, mari kita amalkan amalan-amalan kecil yang dapat membawa banyak keberkahan kepada kitaπŸ˜‰ So, mintalah perlindungan kepada Rabbmu selalu ya πŸ’ž Semoga bermanfaat πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ” WE are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamu'alaikum wr. wb. Hai funa's fam πŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒ Alhamdulilah, akhir bulan mei. Kampus UB khususnya Fapet terjadwal Ujian Akhir Semester. Semangat ya buat temen-temen yg lagi uas. Tetap semangat belajar, ibadah puasa dan sholat terawih πŸ’ͺ. Jangan karena uas semangat ibadah malah kendor. 😱😱😱 Mimin, kasih tips ya 1. Belajar 2. Berdoa (apalagi di bulan Ramadhan, doa orang puasa di jabah) 3. Tawakal kepada Allah ya πŸ˜‰ β€œRobbisy rohlii shodrii, Wa yassirlii amrii, Wahlul β€˜uqdatan min lisaani, Yafqohuu qoulii” Artinya:Β β€œYa Tuhanku, lapangkan untukku dadaku, Dan mudahkanlah untuk urusanku, dan lepaskan kekakuan dari lidahku, agar mereka dapat dengan mudah mengerti perkataanku.”(QS. At Thaha: 25-28) Ikuti terus postingan kita ya, semoga bermanfaat. πŸ˜‰ πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸ‚ We're Member of : @bkldknadional @bkldkmlg @bkldkJatim Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamu'alaikum wr. wb. Hai Funa's Fam πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹ Sudah berdoa kah pagi ini? dalam hal apapun yang kita kerjakan, baik dalam keadaan sulit maupun dalam keadaan lapang. Jangan lupa berdoa ya sobat 😊 Agar diberi kemudahan dalam segala urusan, baik urusan dunia maupun urusan akhirat.πŸ˜‡ Sebagaimana Nabi Musa as. meminta diberikan kemudahan oleh Allah awt. Berkata Musa "Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku,” (QS. Thaha : 25-26) Rasulullah saw. pun mencontohkannya untuk senantiasa meminta kemudahan kepada Allah swt. Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu β€˜alaihi wa sallam bersabda: β€œYa Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” β€œBukan kesulitan yang membuat kita takut, tapi ketakutan yang membuat kita sulit. Karena itu jangan pernah mencoba untuk menyerah dan jangan pernah menyerah untuk mencoba dalam amanah, keikhlasan dan kejujuran. Maka jangan katakan pada Allah aku punya masalah, tetapi. katakan pada masalah AKU PUNYA ALLAH Yang Maha Segalanya" ...Ali bin Abi Thalib ra. Biar tau informasi dan pengetahuan Islam lainnya yuk Pantengin postingan kita, Semoga bermanfaat ya sobat funa 😊😊😊 πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€ We are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasiswiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamualaikum Wr. Wb Hai hai Funa's FamπŸ’žπŸ˜Š πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Apakabar hari ini sobat funa? Masih pada puasa kan? Pada sahur dong ya? Masih semangatkan ya? Oh iya kita sudah melewati 10 hari ramadhan loh yeyeyeeye ... Nah, yuk coba kita cek amalan-amalan kita selama 10 hari ini. Kira" meningkat atau malah menurun ya? Oke, sobat funa Seringkali ketika kita memasuki pertengahan ramadhan nih segala aktivitas ibadah kita mulai kendor. Bener apa betul?☺ Karena tersibukkan dengan banyaknya kegiatan seperti buka bersama, reunian, tugas, laporan, praktikum, ujian semester. Sehingga seringkali hal-hal tersebut perlahan-lahan mulai mengikis ibadah-ibadah rutin yang sudah kita targetkan. Nah, sobat funa walaupun aktivitas-aktivitas kita mulai bertambah jangan sampai hal-hal tersebut melalaikan ibadah-ibadah kita yaa😊 Mari kita lawan kemalasan, membuka kembali targetan-targetan yang ingin di capai pada bulan ramadhan ini. Mengkroscek segala aktivitas kita, serta menambah kekuatan untuk terus melakukan kebaikan-kebaikan di bulan ramadhan dengan membaca Al Quran, kajian, sholat sunnah, atau pun mulai membaca kisah-kisah atau sirah nabiπŸ˜‰ Jadi nggak ada alasan lagi ya sobat funa, di pertengahan ramadhan ini dengan semakin banyaknya kesibukan kita lantas dapat melalaikan ibadah-ibadah yang sudah kita targetkan diawal ramadhan πŸ˜ŠπŸ’ž Semangat membuat kebaikan yang menghantarkan dalam pahala😊 Keep hamasahπŸ’ͺ Ingatkan juga yang lain ya sobat funa😘 Semoga bermanfaat πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’ WE are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamu'alaikum wr. wb. Hai Funa's Fam 🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣🐣 Hari ini masih ada yang suka kepoin para artis? atau suka kepoin temen-temen yang lain?🀨 Hmm,,, jangan sampai karena tingkat penasaran kita yang tinggi bikin kita jadi suka ghibah, gunjing atau gosip ya,,, Apalagi ini bulan Ramadhan, sayang banget kalau waktu di bulan yang suci ini kita habiskan untuk perbuatan yang tidak bermanfaat. Lho, kita kan gak kenal sama mereka,, yang dibahas tentang mereka pun juga kenyataan Sama aja ya Sobat, Sebagaimana firman Allah berikut: β€œHai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain….”. (Al-Hujurat/49 : 12) Ingat,,,, Allah itu gak butuh lapar sama dahaganya orang yang suka menggunjing, ngegosip😞 Hukumnya sama aja ya Sobat, yaitu seperti memakan bangkai saudaranya sendiri loh,,,😱 β€œβ€¦.Dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yaang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”. (Al-Hujurat/49 : 12) Maka dari itu, puasa tidak hanya menahan lapar dan dan haus, kita juga harus bisa menahan diri dari ngegosip ya,,,,πŸ˜… Eitsss…… Menahan diri dari ghibah tidak hanya pas Ramadhan aja ya guys,,, tapi juga seterusnya. OkeπŸ˜‰πŸ‘Œ Biar tau informasi dan pengetahuan Islam lainnya yuk Pantengin postingan kita, Semoga bermanfaat ya sobat funa 😊😊😊 πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€ We are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasiswiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamu'alaikum wr. wb. Halo funa's fam πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ” Alhamdulilah sudah H+11 Ramadhan 🀩. Puasanya masih full kan? Pahalanya full juga gak? 🧐, rahasia ya. Ya sih tapi perlu juga ya di upayakan. Misal puasa tapi Bohong! Kali ini kita bahas ini yuk, batal gak sih? "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903) Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat bahwa larangan yang dimaksud dalam hadits di atas adalah larangan haram, namun bukan termasuk pembatal puasa. Pembatal puasa hanyalah makan, minum dan jima’ (hubungan intim). Lihat Fath Al-Bari, 4: 117. Berdusta dianggap jelek setiap waktu. Namun semakin teranggap jelek jika dilakukan di bulan Ramadhan. Hadits di atas menunjukkan tercelanya dusta. Seorang muslim tentu saja harus menjauhi hal itu. Nah sudah paham ya kalau puasa jangan bohong. Karena sungguh rugi kita menyia-yiakan puasa yg tidak produktif dengan berbohong. Yg didapat hanya lapar dan haus. Yuk kita perbaiki lebih baik lagi dari sebelumnya. πŸ€—πŸ’ͺ Ikuti terua postingan kita ya, semoga bermanfaat. πŸ˜‰ 🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹 We Are Member Of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc : @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamualaikum Wr. Wb Hai Funa's Fam πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Tak terasa ya puasa kita sudah menginjak hari ke-9,gimana nih apa aja terget kita di bulan ramadan ini?? Mengingat pada bulan ini Allah swt menurunkan rahmadnya dan membuka pintu pahala selebar-lebarnya untuk kita Bulan Ramadhan ini merupakan bulan penuh anugrah bagi umat Islam, karena kita diberi kesempatan untuk kembali menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah swt., setelah selama sebelas bulan kita banyak melalaikan segala perintahNya dan terlena dengan kehidupan dunia. Serta, Siapa saja yang berpuasa pada bulan Ramadlan dengan dilandasi keimanan dan semata mengharap ridla Allah swt. Maka, akan keluar dari dosa-dosanya seperti keadaan saat ia keluar dari rahim ibunya. Pahala berbagai amal pun dilipatgandakan oleh Allah swt. hingga tujuh ratus kali lipat, bahkan lebih. Bulan Ramadlan merupakan bulan sabar, bulan jihad, dan bulan kemenangan, serta bulan pembentuk ketqwaan. Semoga pada bulan ramadan dan bulan selanjutnya ketakwaan kita kepada Allah SWT akan semakin terbentuk dan termutajazad pada diri kita ya... Amiin. Pantengin postingan selanjunya ya😊 🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷 🌷 🌷 🌷 We Are Member Of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc : @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamualaikum Wr. Wb Hai Funa's Fam πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Gimana nih sobat funa kabar puasanya? Lancarkan? 🀭 Lancarkan dong yaπŸ˜‰ Alhamdulillah tak terasa yaa sudah satu minggu kita berpuasa ramadhan. Pasti di minggu awal seperti ini kita semangat sekaliii ya dalam melaksanakan setiap aktivitas ibadah" wajib atau pun sunnah hehe Nah, kali ini kami akan mengajak sobat funa nih membahas seputar amalan" rutin yang sedikit tapi sangat di cintai oleh Allah😊 Yuk, langsung aja yaπŸ˜‚ "Rasulullah SAW jika mengerjakan suatu amal (kebaikan) maka beliau akan menetapinya” (Aisyah Ra) Maksud dari β€œmenetapinya” adalah Rasulullah jika melakukan amal kebaikan, akan merutinkannya. ”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” (HR. Muslim) Nah, di bulan Ramadhan ini, target amalan harian kita sudah lumayan terpenuhi tuh sobat funa. Nanti, ketika Ramadhan pergi, jangan biarkan amal kebaikan rutin yang kita kerjakan selama Ramadhan juga ikut berakhir. Misal dalam sehari di bulan Ramadhan, biasanya kita membaca satu juz Al-Qur’an, ketika di hari biasa hanya mampu baca Qur’an hanya beberapa β€˜ain, gaapa.. lanjutkanlah. Asal kontinyu, rutin, terus menerus, istiqomah. Jangan sampe nggak, jangan sampe putus. Inilah yang dimaksud amal kebaikan yang dicintai Allah. Biarpun sedikit, namun rutin. Semoga kita tetap bisa istiqomah menjaga dan mengerjakan amal kebaikan kita ya sobat funa 😊 Ingatkan juga yang lain ya sobat funa😘 Semoga bermanfaat ya ☺ 🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿 WE are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamu'alaikum wr. wb. Hai Funa's Fam 🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰🐰 Gimana nih puasanya hari ini? insyaAllah lancar yaπŸ˜‰ Selama Ramadhan, pastinya kita semangat sekali beribadah kan ya.🀭 Melakukan hal-hal baik secara bertambah-tambah. Meski tidak biasa, namun kita harus yakin menyanggupi target amalan kita ya Sobat, tak peduli jika harus memaksa ego, mengorbankan waktu dan menyisihkan hati. Semua itu karena kita lakukan untuk Allah semata. Setelah melakukan hal tersebut, pasti ada rasa bangga pada diri. Karena merasa lebih dari ekspektasi. ☺ Eitss.. Tapi jangan sombong dulu ya Sobat.🀫 Coba diingat lagi, adakah terbesit kekhawatiran dalam benak kita? Pun ibadah kita banyak, mungkin saja ada yang tertolak. Nah,,, Ini ada beberapa hal yang harus dikhawatirkan setelah Ramadhan Pergi 1. Khawatir tak lagi bertemu Ramadhan 2. Khawatir tak diterimanya Amalan selama Ramadhan 3. Khawatir tak menjadi pribadi yang baik setelah Ramadhan 4. Khawatir Dosa-dosa tak terampuni Bukan untuk pesimis ya Sobat, tapi untuk bermuhasabah diri. Agar diri ini selalu memaksimalkan ibadah, seolah Ramadhan tahun ini adalah yang terakhir dalam hidup kita. Agar tak sombong tak memakan amalan-amalan baik kita untuk-Nya, agar diri ini terpacu untuk menjadi yang terbaik di setiap waktu.πŸ˜‡ Semoga kita tetap khawatir akan azabnya, sebab khilaf datang dari pintu yang tak terduga. Biar tau informasi dan pengetahuan Islam lainnya yuk Pantengin postingan kita, Semoga bermanfaat ya sobat funa 😊😊😊 πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€ We are member of: @bkldknasional @bkldkjatim @bkldkmalang Cc: @mtfunafapetub #yukngaji #yukdakwah #mahasiswiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamu'alaikum wr. wb. Halo funa's fam, πŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺ πŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺπŸͺ Alhamdulilah, kita sudah menginjak hari ke 4 Ramadhan 😊. kali ini kita akan bahas "Keberkahan dalam makan sahur" Sudah memahami belum jika waktu sahur itu begitu berkah? Ini ini bakal kita bahas, yuk scroll ke bawah. 1. Memenuhi perintah RasulΒ shallallahu β€˜alaihi wa sallam sebagaimana diperintahkan dalam hadits di atas. Keutamaan mentaati beliau disebutkan dalam ayat, β€œBarangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.” (QS. An Nisaa’: 80). 2. Makan sahur merupakan syi’ar Islam yang membedakan dengana ajaran Ahli Kitab (Yahudi dan Nashrani). Dari β€˜Amr bin Al β€˜Ash, RasulullahΒ shallallahu β€˜alaihi wa sallamΒ bersabda, β€œPerbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab (Yahudi dan Nashrani) adalah makan sahur.” (HR. Muslim no. 1096). Ini berarti Islam mengajarkan baro’ dari orang kafir, artinya tidak loyal pada mereka. Karena puasa kita saja dibedakan dengan orang kafir. 3. Dengan makan sahur, keadaan fisik lebih kuat dalam menjalani puasa. Beda halnya dengan orang yang tidak makan sahur. Imam NawawiΒ rahimahullahΒ berkata, β€œBarokah makan sahur amat jelas yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa.” (Syarh Shahih Muslim, 7: 206). 4. Orang yang makan sahur mendapatkan shalawat dari Allah dan do’a dari para malaikat-Nya. Dari Abu Sa’id Al Khudri, NabiΒ shallallahu β€˜alaihi wa sallamΒ bersabda, β€œMakan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad 3: 44. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits iniΒ shahih lighoirihi). 5. Waktu makan sahur adalah waktu yang diberkahi. Karena ketika itu, Allah turun ke langit dunia. Dari Abu Hurairah, NabiΒ shallallahu β€˜alaihi wa sallamΒ bersabda, β€œRabb kita tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, β€œSiapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku,

Assalamualaikum Wr. Wb Hai Funa's Fam πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Sholat Tarawih merupakan salah satu amal ibadah yang Allah syari’atkan bagi seluruh umat muslim di bulan suci Romadhon. Dan hukum sholat Tarawih adalah SUNNAH sebagaimana yang disepakati oleh para ulama. Akan tetapi, walaupun sholat tarawih hukumnya sunah didalamnya menyimpan keutamaan" yang luarbiasa lo, mau tau... Yuk baca sampai akhir 😊 Keutamaan sholat tarawih yang pertama , Allah Ta’ala akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu bagi siapa saja yang melakukan sholat Tarawih dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dan ridho Allah semata. Ke dua, Barangsiapa melaksanakan sholat Tarawih berjamaah bersama imam hingga selesai, maka akan dicatat baginya pahala seperti orang yang melakukan qiyamul lail semalam penuh. So... Sobat funa Selamat menunaikan sholat tarawih dan jangan lupa isi bulan suci ini dengan kegiatan yang bermanfaat ya. Pantengin postingan selanjunya ya😊 wasalamu'alaikum wr.Wb 🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹 #yukngaji #yukdakwah #mahasisiwiub #yukmentoring #bkldkmalang #kemuslimahanmtfuna #selangkahlebihdekat #menjadimuslimahkaffah

Assalamualaikum Wr. Wb Hai Funa's Fam πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Gimana nih puasanya? Lancarkan? 😊oh iya, sobat funa kali ini kita akan mengajak kalian membahas seputar hal yang membatalkan puasa loh. Ada beberapa perihal yang membatalkan puasa. Yuk simak😊 (1) berniat membatalkan puasa; Hmm pernah nggak sihΒ  menyengajakan diri makan atau minum atau melakukan hal-hal yang termasuk membatalkan puasa lainnya dengan SENGAJA? maka batal lah puasa kita. Karena sudah ada niat sebelumnya. (2) makan dan minum dengan sengaja; Makan dan minum dengan sengaja sudah jelas batal ya sobat funa .. Menyuntik suntikan yang mengandung zat-zat makanan yang berfungsi sebagai pengganti makanan bagi tubuh atau sesuatu yang dapat menggantikan makanan untuk menguatkan tubuh, maka perbuatan ini dapat membatalkan shaum. Namun lain hal nya jika lupa, misal kita terbiasa minum ketika bangun tidur. Ketika puasa.. Kita lupa, malah tetap minum juga, maka ketika ingat, lanjutkan puasanya tidak apa. Makan dan minum karena lupa, tidak membatalkan puasa. β€œDan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kalian khilaf padanya tetapi yang ada dosa apa yang disengaja oleh hatimu.” (Al-Ahzab: 5) (3) muntah dengan sengaja; Hiii.. Hayoo sobat funa,Β  siapa disini yang pernah muntah dengan sengaja? Muntah dengan sengaja batal ya dear, namun jika tidak sengaja, itu tidak batal. Namun harus dipastikan, bahwa orang tsb sakit atau tidak, sekiranya sakit, tidak mengapa membatalkan puasanya, kemudian mengqodho’ nya dilain waktu. (4) bersetubuh atau mengeluarkan air mani dengan sengaja; Keluarnya air mani disebabkan bersentuhan (tanpa hubungan seksual) maka menyebabkan batalnya puasa, baik keluar dengan usaha tangan sendiri (masturbasi) atau menggunakan tangan seorang isteri yang halal. Dengan kata lain, apabila keluar air mani tanpa bersentuhan semisal bermimpi basah maka puasanya tidak batal. β€œ(Allah Ta’ala berfirman): ketika berpuasa ia meninggalkan makan, minum dan syahwat karena-Ku”( HR. Bukhari no. 1894) (5) haid dan nifas; pabila seorang wanita mengalami haid atau nifas di tengah-tengah berpuasa baik di awal atau akhir hari puasa, puasanya batal. Apabila dia tetap berpuasa, puasanya